Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar servis atas bola voli melalui penerapan media modifikasi bola dengan media audio visual Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1Ujung Padang Kab. Simalungun Tahun Ajaran 2014/2015.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI-IPA2yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang yang akan diberikan tindakan melaluipenerapan media modifikasi bola dengan media audio visual terhadap proses belajar servis bola voli. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (ClassroomActionResearch). Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 20 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (58,82%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 14 orang siswa (41,17%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 77,11. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 30 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (88,23%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang (11,76%) masih belum tuntas.Penelitian ini telah memenuhi kreteria ketuntasan secara klasikal yaitu 85% (Suryo subroto: 1997:129). Dengan nilai rata-rata hasil belajar setalah dikonfersikan 82%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan media modifikasi bola dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar servis atas bola voli pada siswa-siswi kelas XI-IPA 2 SMA Negeri 1 Ujung Padang Kab. Simalungun Tahun Ajaran 2014/2015.