PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN POKOK-POKOK BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KATOLIK ASSISI PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) dalam kemampuan menemukan pokok-pokok berita oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Katolik Assisi Pamatangsiantar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 159 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan menggunakan purposive sampling (sampel bertujuan). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh dari penelitian, yakni nilai rata-rata pre-test = 47,75, standar deviasi = 14,57, digolongkan kategori baik = 5%, kategori cukup = 10%, kategori kurang = 22,5%, dan kategori sangat kurang = 62,5%. Nilai rata-rata post-test=75,75, standar deviasi= 13,1 dan dikategorikan sangat baik = 27,5%, kategori baik = 40%, kategori cukup = 10%, dan kategori kurang 22,5%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal dengan data uji normalitas pre-test Lhitung < Ltabel yaitu 0,13 < 0,14 dan data post-test Lhitung < Ltabel yaitu 0,11 < 0,14 pada taraf signifikansi 5% dengan N=40. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dengan data Fhitung < Ftabel pada taraf signifikansi α= 0,05, yakni 1,22 < 1,74. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 8,97. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1, yakni 40-1=39. Dari df 40 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,03. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 8,97 > 2,03 dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima. Simpulan yang diperoleh dari hasil perhitungan uji persyratan yang telah dilakukan yakni bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menemukan pokok-pokok berita oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Katolik Assisi Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2014/2015.