Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Role Playing Terhadap Perubahan Prokrastinasi Pada Siswa SMK Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2014 / 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Perubahan Prokrastinasi Siswa SMK Negeri 4 Medan TahunAjaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AV4 yang terdiri dari 10 orang siswa yang memiliki perilaku prokrastinasi tinggi yang berusia 15-16 tahun. Instrument yang digunakan adalah angket untuk tingkat prokrastinasi siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok teknik role playing.Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok teknik role playing berpengaruh terhadap perubahan prokrastinasi siswa AV 4 SMK Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini tergambar dengan hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil diperoleh Jhitung= 0, Dengan α = 0,05 dan n=10, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung lebih kecil dari Jtabel, maka Hipotesis Ho ditolak hal ini Artinya ada perbedaan prokrastinasi pada siswa antara sebelum dan setelah diberikan perlakuan, sehingga prokrastinasi siswa menurun setelah mengikuti bimbingan kelompok teknik role playing pada siswa SMK Negeri 4 Medan T.A 2014-2015