Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode bermain peran terhadap percaya diri anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Medan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode bermain peran terhadap percaya diri anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Medan T.A 2014/2015. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak dikelas B TK Pelangi Medan yang berjumlah 40 anak. Dan yang akan menjadi kelas eksperimen adalah kelas B1 dengan jumlah anak 20 orang, dan kelas kontrol adalah kelas B2 dengan jumlah anak 20 orang. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata anak diperoleh 2,575 termasuk dalam kategori sangat baik, dan dikelas kontrol nilai rata-rata anak 1,255 ke dalam kategori cukup. Percaya diri anak pada kelas eksperimen terdapat 20 anak mendapatkan kategori Sangat Baik (SB)dengan persentase 100% , 0 anak mendapat Baik (B) dengan persentase 0 % , 0 anak yang mendapat Cukup (C) dengan persentase 0% , dan 0 anak yang mendapat Kurang (K) dengan persentase 0%. Di kelas kontrol terdapat 6 anak mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase 30%, 9 anak mendapat kategori Baik (B) dengan persentase 45%, 5 anak yang mendapat kategori Cukup (C) dengan persentase 25%, dan 0 anak yang mendapat kategori Kurang (Kurang) dengan persentase O%.Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan tehnik observasi. Dan untuk menganalisis data dilakukan dengan cara normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Dalam pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan hipotesis. Dimana dalam uji normalitas dikelas eksperimen diperoleh Lhitung<Ltabel; atau 0,165<0,190 maka data percaya diri anak untuk kelompok eksperimen berdistribusi normal. Dan dikelas kontrol diperoleh Lhitung<Ltabel; atau 0,165<0,190 maka data percaya diri anak untuk kelompok kontrol berdistribusi normal. Selanjutnya dalam uji homogenitas diperoleh nilai Fhitung 1,16 dibandingkan dengan Ftabel (a=0,05 dan dk pembilang 19 dan penyebut 19) diperoleh 2,17; sehingga Fhitung<Ftabel; atau 1,16<2,17, kesimpulan varians data percaya diri anak kedua kelompok hasil penelitian berasal dari populasi yang homogen. Kemudian dalam uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel (11,8 > 1,685), dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan : "Ada pengaruh yang signifikan pada metode bermain peran terhadap percaya diri anak usia 5-6tahun di TK Pelangi Medan T.A 2014/2015". Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode bem1ain peran dapat mempengaruhi percaya diri anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Medan T.A 2014/2015.