Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi seberapa besar peningkatan hasil belajar Menggiring bola yang didapat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Penyabungan Tahun Ajaran 2014/2015 melalui variasi pembelajaran. Subjek Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 penyabungan Tahun Ajaran 2014/2015, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 yang berjumlah 30 orang, putra 14 orang dan putri 16 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan pembelajaran melalui variasi pembelajaran. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Penyabungan terdapat 12 siswa (40%) yang tuntas sedang kan 18 siswa (60%) belum tuntas. Hasil dari siklus I terdapat 20 siswa (67%) dari 30 siswa, yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 74.4. Di siklus II terdapat 27 siswa (90%) dari 30 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 78.15 dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, dapat dikatakan melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.