Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan hasil belajar tolak peluru gaya menyamping dengan menggunakan Gaya Mengajar Penemuan Terbimbing pada siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio dilakukan lah tes awal,dan dilakukan pembelajaran menggunakan gaya mengajar penemuan terbimbing hasil belajar yang dilakukan pada siklus I dan siklus II yang berbentuk teknik tolak peluru gaya ortodoks(menyamping). Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan. Dari 38 siswa terdapat 14 siswa (36,84%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 57,37. Hasil dari siklus I terdapat 22 siswa (57,89%) dari 38 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 59,68. Disiklus II terdapat 33 siswa (86,84%) dari 38 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 68,75. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan Gaya mengajar Penemuan Terbimbing dapat Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Medan Tahun 2014/2015.