UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SEDERHANA PADA SISWA KELAS VIII SMP NUR IHSAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lari sprint pada siswa kelas VIII Semester II tahun ajaran 2014/2015 SMP Nur Ihsan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar variasi pembelajaran tenis meja terhadap pelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nur Ihsan Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 27 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi lari sprint. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil penelitian bahwa hasil belajar lari sprint dengan penggunaan media sederhana pada siswa kelas VIII SMP Nur Ihsan : 1) pada siklus I dari 27 siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 15 orang siswa (55,55%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan 12 orang siswa (44,44%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 66,95. 2) pada siklus II ternyata 23 orang siswa (85,18%) sudah memiliki ketuntasan belajar sedangkan selebihnya yaitu 4 orang siswa (14,8%) belum memilliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 74,67. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan “melalui pendekatan saintifik dengan penggunaan media sederhana dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VIII SMP Nur Ihsan Tahun Ajaran 2014/2015”