PENGARUH KONSELING REMAJA STRATEGI SIMBOLIS TEKNIK RITUAL DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KORBAN BULLYING DI SMP NEGERI 1 LAGUBOTI T.A 2014/2015
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah Pengaruh Konseling Remaja Strategi Simbolis Teknik Ritual dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying di SMP Negeri 1 Laguboti T.A 2014/ 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Konseling Remaja Strategi Simbolis Teknik Ritual dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying di SMP Negeri 1 Laguboti T.A 2014/ 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa korban bullying kelas VIII yang terdiri dari 5 orang siswa yang mempunyai kepercayaan diri yang rendah, berusia 13-18 tahun yaitu usia matang secara hukum dan menyadari bahwa mereka mempunyai masalah kepercayaan diri yang dilihat dari pre-test. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling remaja strategi simbolis teknik ritual. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling remaja strategi simbolis teknik ritual berpengaruh terhadap kepercayaa diri siswa korban bullying kelas VIII SMP Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini tergambar dengan hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil diperoleh Jhitung = 0, Dengan α = 0,05 dan n=5, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung sama dengan Jtabel, maka Hipotesis Ho ditolak hal ini diperkuat dengan persamaan rumus Z. Karena nilai z hitung adalah -2,0226 dan itu lebih kecil dari nilai z tabel yaitu -1,96. Maka hipotesis ditolak artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga, kepercayaan diri siswa korban bullying meningkat sesudah mengikuti konseling remaja strategi simbolis teknik ritual pada kelas VIII SMP Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2014/2015, dapat diterima