Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Tualang T.A 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat membantu siswa dalam menentukan perencanaan karir siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Tualang T.A 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI berjumlah 10 orang siswa yang mempunyai nilai perencanaan karirnya rendah. Hal ini akan terlihat pada pre-test yang akan dilakukan terlebih dahulu. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data siswa yang belum mempunyai perencanaan karir serta diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrumen diberikan sebelum dan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t). Uji validitas dalam instrument angket yang dibagi kepada siswa dapat dinyatakan valid, sebab hasil rhitung > rtabel yaitu 0,746 > 0,36. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi berpengaruh terhadap perencanaan karir. Hal ini terlihat jelas bahwa, uji t dengan hasil thitung > ttabel yaitu 2,664 > 1,812 terdapat pengaruh positif yang signifikan dalam pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap perencanaan karir siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padang Tualang, dapat diterima