Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar passing permainan sepak bola melalui evaluasi pembelajaran menggunakan audiovisual pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Padang Sidempuan Tahun Ajaran 2014/2015. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Padang Sidempuan, waktu penelitian dilaksanakan selama 2 Minggu. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Sidempuan Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah 32 orang siswa, putra 22 orang siswa dan putri 10 orang siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas).Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dengan ketentuan apabila pada siklus I hasil pembelajaran tidak tuntas, maka akan dilajutkan ke siklus II. Berdasarkan data hasil analisis penelitian bahwa: (1). Setelah dilaksanakan test pembelajaran passing kaki bagian dalam siklus I,. Dari 32 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini yang mencapai nilai ketuntasan belajar sebanyak 18 orang siswa atau 53,33 % selebihnya 14 orang siswa atau 46,67 % belum mencapai nilai ketuntasan belajar. (2). Data hasil test siklus II passing kaki bagian dalam permainan sepak bola menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar, dari 32 siswa yang menjadi sampel ,28 siswa atau 86,67 % sudah mencapai nilai ketuntasan belajar secara klasikal, sedangkan 4 siswa atau 13,33 % belum mencapai nilai ketuntasan belajar. Dari hasil pembelajaran siklus I terjadi peningkatan hasil pembelajaran pada siklus II sebesar 33,34 %. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa : Melalui evaluasi pembelajaran menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar passing permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padang Sidempuan Tahun Ajaran 2014/2015.