PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN ZIG-ZAG TRAJECTORY DENGAN LATIHAN INTERVAL DRIBLING TERHADAP KEMAMPUAN DRIBLING SEPAKBOLA PADA ATLET USIA 14-15 TAHUN SEKOLAH SEPAKBOLA (SSB) SURYA PUTRA MARINDAL MEDAN TAHUN 2014
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan Zig-Zag Trajectory dengan Latihan Interval Dribling Terhadap Kemampuan Dribling Sepakbola Pada Atlet Usia 14-15 Tahun Sekolah Sepakbola (SSB) Surya Putra Marindal Medan Tahun 2014 serta mengetahui mana yang lebih besar pengaruhnya antara latihan Zig-Zag Trajectory dengan latihan Interval Dribbling terhadap Kemampuan Dribling Sepakbola Pada Atlet Usia 14-15 Tahun Sekolah Sepakbola (SSB) Surya Putra Marindal Medan Tahun 2014. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di lapangan sepakbola SSB Surya Putra Marindal, waktu penelitian dilaksanakan mulai tanggal 12 November sampai tanggal 19 Desember 2014. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah atlet sepakbola usia 14 - 15 tahun SSB Surya Putra Marindal tahun 2014 dengan jumlah 18 orang atlet. Kemudian sampel dibagi 2 kelompok dengan menggunakan metode matching pairing, kelompok A diberikan bentuk latihan zig- zag trajectory dan kelompok B diberikan bentuk latihan interval dribbling. Dari hasil perhitungan uji hipotesis pertama diperoleh harga thitung (3,25) > ttabel (2,31), maka hipotesis pertama Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan Zig-Zag Trajectory terhadap peningkatan kemampuan Dribbling dalam permainan sepak bola pada atlet usia 14 – 15 tahun SSB Surya Putra Marindal tahun 2014. Kedua, diperoleh harga thitung (5,40) > ttabel (2,31), maka hipotesis Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan Interval Dribbling terhadap peningkatan kemampuan Dribbling dalam permainan sepak bola pada atlet usia 14 – 15 tahun SSB Surya Putra Marindal tahun 2014. Ketiga, diperoleh harga thitung (2,77) > ttabel (2,11), maka hipotesis ketiga Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa latihan Zig-Zag Trajectory lebih besar pengaruhnya dari pada latihan Interval Dribbling terhadap peningkatan kemampuan Dribbling dalam permainan sepak bola pada atlet usia 14 – 15 tahun SSB Surya Putra Marindal tahun 2015.