PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk meningkatkan motivasi belajar IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya pada siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing di SD N 104208 Cinta Rakyat. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD 104208 Cinta Rakyat yang berjumlah 31 orang siswa, yang terdiri dari 17 orang siswa perempuan dan 14 orang laki-laki. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lember observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I pertemuan I dan II dan II pertemuan I dan II. Berdasarkan analisis data diketahui pada siklus I pertemuan I tidak ada siswa yang memiliki kriteria sangat tinggi, 6 orang siswa memiliki kriteria tinggi, 12 orang siswa memiliki kriteria sedang dan 11 orang siswa yang memiliki kriteria rendah. Pada siklus I pertemuan II terdapat 4 orang siswa memeiliki kriteria sangat tinggi, 18 orang siswa memiliki kriteria tinggi, 3 orang siswa memiliki kriteria sedang dan 4 orang siswa memiliki kriteria rendah. Pada siklus II pertemuan I terdapat 9 orang siswa memiliki kriteria sangat tinggi, 119 orang memiliki kriteria tingi, 3 orang memiliki kriteria sedang dan tidak ada siswa yang memiliki kriteria rendah. Pada siklus II pertemuan II terdapat 10 orang siswa memiliki kriteria sangat tinggi, 19 orang memiliki kriteria tingi, 2 orang memiliki kriteria sedang dan tidak ada siswa memiliki kriteria rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas V di SD Negeri 104208 Cinta Rakyat T.A 2016/2017