HUBUNGAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 020617 BINJAI SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Skripsi ini tentang Hubungan Keterampilan Berkomunikasi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 020617 Binjai Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan Berkomunikasi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 020617 Binjai Selatan. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Keterampilan Berkomunikasi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 020617 Binjai Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif ex post facto. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 45 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 45 siswa ditentukaan dengan teknik total sampling. Selanjutnya hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,362 dengan rtabel = 0,301 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0, 362 > 0, 301 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel maka, keterampilan berkomunikasi guru memiliki hubungan terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengetahui signifikansi hubungan keterampilan bertkomunikasi guru terhadap hasil belajar siswa digunakan rumus uji t. dari uji tersebut diperoleh thitung = 2,3711 dengan ttabel = 2,016 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 2,3711 > 2,016 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan signifikan. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan berkomunikasi guru terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 020617 Binjai Selatan” dapat diterima. Dimana, semakin tinggi keterampilan berkomunikasi guru maka semakin tinggi hasil belajar siswa.