MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL DI KELAS IV SD NEGERI 101771 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan masih berpusat pada guru sehingga guru cenderung lebih aktif dan siswa cenderung pasif. Hal ini sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran, karena dapat menyebabkan anak gagal dalam belajar sehingga hasil belajar menurun dan pembelajaran tidak berjalan secara efektif. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pengaruh gaya terhadap gerak benda dalam mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal di kelas IV SD Negeri 101771 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil belajar siswa merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah terjadinya proses pembelajaran, baik perubahan pengetahuan, sikap, maupun keterampilannya ke arah yang lebih baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dimana yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SD Negeri 101771 Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 orang siswa yang terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV-B SD Negeri 101771 Tembung dengan tindakan pembelajaran menggunakan model pebelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal sebagai upaya dalam mengingkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Data analisis dengan menggunakan observasi dan tes. Setelah dilaksanakan penelitian, dari jumlah siswa sebanyak 40 orang siswa diperoleh hasil pada saat pre test hanya terdiri dari 6 orang siswa tuntas dengan persentase 15% dan 34 orang siswa belum tuntas dengan persentase 85% dengan nilai rata-rata kelas 53,8. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal jumlah siswa yang mencapai ketuntasan mulai meningkat menjadi 22 orang siswa dengan persentase 55% dan jumlah siswa siswa belum tuntas sebanyak 18 orang siswa dengan persentase 45% dengan nilai rata-rata kelas 69,1. Dari perolehan siklus I, peneliti menindaklanjuti pada siklus II. Selanjutnya pada siklus II jumlah siswa tuntas semakin meningkat menjadi 36 orang siswa dengan persentase 90% dan jumlah siswa belum tuntas sebanyak 4 orang siswa dengan persentase 10% dengan nilai rata-rata kelas 81,1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pengaruh gaya terhadap gerak benda, kelas IV SD Negeri 101771 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017.