Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching di kelas VA SD Negeri 104208 Cinta Rakyat. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tindakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan berganda dan lembar observasi untuk guru dan siswa. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dari 29 orang siswa, maka diperoleh hasil pre test sebelum dilakukan tindakan yaitu 1 orang siswa yang tuntas dengan persentase 3,45% dan 28 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 96,55%, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 42,06. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching maka diperoleh 18 orang siswa yang tuntas dengan persentase 62,07% dan 11 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 37,93%, dengan nilai rata-rata kelas 67,44. Setelah dilakukan refleksi pada tindakan di siklus I maka dilakukan tindakan berikutnya di siklus II dan diperoleh 26 orang siswa yang tuntas dengan persentase 89,66% dan 3 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 10,34% dengan nilai rata-rata kelas 80,41. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas VA SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2016/2017 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.