Daftar Isi:
  • Penellitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar antara anak laki-laki dengan anak perempuan ditinajau dari hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 106148 Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat perbedaan minat belajar antara anak laki-laki dengan anak perempuan ditinjau dari hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 106148 Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan, peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket tertutup dengan skala likert untuk variabel minat belajar (X) sedangkan instrumen untuk hasil belajar matematika (Y) menggunakan metode dokumentasi dari nilai harian dan ujian tengah semester serta ujian akhir semester ganjil. Teknik analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif yaitu menggunakan tabel distribusi frekuensi untuk memperoleh nilai rata-rata dan analisis statistik dengan menggunakan chi kuadrat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 106148 Bulu Cina yang berjumlah 53 orang dengan 31 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik total sampling. Minat belajar matematika secara umum di kelas V SD Negeri 106148 Bulu Cina T.A 2016/2017 tergolong sedang dengan rata-rata 72,52 dan ditinjau dari jenis kelamin, minat belajar matematika anak laki-laki tergolong cukup dengan rata-rata 71,16, sedangkan minat belajar matematika anak perempuan tergolong sedang dengan rata-rata 74,45. Sedangkan hasil belajar matematika secara umum di kelas V SD Negeri 106148 Bulu Cina T.A 2016/2017 tergolong sedang 73,07 dan ditinjau dari jenis kelamin, hasil belajar matematika anak laki-laki cenderung kurang dengan rata-rata 71,45, sedangkan hasil belajar matematika anak perempuan tergolong sedang dengan rata-rata 75,36. Selanjutnya hasil analisis data dengan uji Chi Kuadrat, Berdasarkan Xh2 = 8,51 dengan dk-3 pada taraf signifikan 0,05 dengan harga Xt2 sebesar 7,815. Maka Xh2 > Xt2 (8,51 > 7,815). Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 tidak dapat ditolak yaitu “Terdapat perbedaan minat belajar yang siginifikan antara anak laki-laki dengan anak perempuan ditinjau dari hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 106148 Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang T.A 2016/2017.