PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntasni siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran probing promting dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Sidikalang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakasanakan di SMK Negeri 1 Sidikalang T.P 2016/2017. Populasi ini adalah seluruh siswa Kelas X Ak SMK Negeri 1 Sidikalang yang berjumlah 74 orang terdiri dari dua kelas. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalahg tekhnik random sampling masing-masing 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pelajaran akuntansi dalam bentuk objektif tes sebanyak 10 butir soal. Kemudian pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan dk (n_1+〖 n〗_2 – 2) pada α = 0,05. Dari hasil analisis data di peroleh nilai mean hasil belajar akuntansi siswa kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Probing Promting 78,8 dengan standar deviasi 9,77 dan nilai mean hasil belajar siswa kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Konvensional 62,6 dengan standar deviasi 10,57. Kemudian diperoleh t hitung 5,3432 > t table. = 1,6788 yang berarti hasil belajar siswa kelas yang menggunakan model probing promting secara signifikan lebih besar dari hasil belajar siswa kelas yang menggunakan model konvensional. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran probing promting berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X di SMK Negeri 1 Sidikalang Pada pokok bahasan pencatatan transaksi Tahun Ajaran 2016/2017.