PENINGKATAN PARTISIPASI MAHASISWA DENGAN PENERAPAN RECIPROCAL TEACHING DALAM PEMBELAJARAN ALJABAR LINIER ELEMENTER

Main Authors: Simanjuntak, Erlinawaty, Nasution, Hamidah
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/24514/1/Prosiding%20SiMANTAP%202012.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24514/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ingin mengembangkan perangkat pembelajaran dengan strategi pembelajaran reciprocal teaching dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa pada mata kuliah aljabar linier, dengan membandingkan sejauhmana partisipasi belajar mahasiswa di kelas kontrol dan eksperimen. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen desain penelitian berbentuk Pre-test Post-test Control Group Design. Untuk menjawab hipotesis, peneliti menguji skor postest dengan menggunakan Anava Satu Jalur, diperoleh skor Sig < , atau 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan Ho ditolak dengan demikian menerima Ha. Secara keseluruhan skala sikap mahasiswa dengan reciprocal teaching bersifat positif. Artinya ada peningkatan partisipasi mahasiswa dalam belajar aljabar linier elementer.