Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian dalam desain Eksperimen semu ini mengetahui: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa, 2) peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa, 3) Terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, 4) Terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan 5) Proses penyelasaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 (satu) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data diperoleh melalui tes KAM, tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan tes kemampuan komunikasi matematis. Data dianalisis dengan uji Anava dua jalur. Sebelum digunakan uji Anava dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis anova dua jalur diperoleh hasil penelitian yaitu : 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa. 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran biasa. 3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan pemecahan masalah dan 4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. 5) Proses penyelesaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada Pendekatan (PBM) lebih bervariasi daripada Pembelajaran biasa. Disarankan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran khusunya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis.