Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural siswa, (2) interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Bustanul Ulum Batang Kuis dan sampelnya dipilih secara acak yaitu kelas VIII-1 (eksperimen) dan kelas VIII-2 (kelas Kontrol) yang masing-masing berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes KAM, (2) tes kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural pada materi lingkaran. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,665 dan 0,672 berturut-turut untuk tes kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural matematis siswa (2) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural matematis siswa. Peneliti menyarankan agar model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pengetahuan prosedural matematis siswa.