Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang telah dikembangkan, (2) Menganalisis self efficacy siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang telah dikembangkan, dan (3) Menganalisis efektivitas perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematika dan self efficacy siswa,. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi antara model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian ini adalah define, design, develop dan disseminate. Dalam penelitian ini disusun perangkat pembelajaran dan instrumen yaitu : RPP, LAS, buku guru, buku siswa, tes kemampuan koneksi dan angket Self-efficacy. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VII-B sebanyak 23 orang dan VII-C sebanyak 23 orang di SMP Swasta Josua Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Peningkatan kemampuan koneksi matematika dilihat dari nilai N-gain yaitu 1,56 dalam kategori “tinggi”, dan (2) Self efficacy matematika siswa setelah pembelajaran menghasilkan nilai rata-rata sebesar 83,08, dan (3) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif yaitu ketuntasan kemampuan koneksi mencapai 86,95%, respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh rata-rata 94,31%, tujuan pembelajaran matematika untuk setiap butir soal telah tercapai, dan waktu pembelajaran tidak berbeda jauh dengan waktu pembelajaran biasa.