PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 11 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan reprentasi matematis siswa, (2) mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) oleh Thiagarajan, Semmel , yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku guru, lembar kerja siswa dan rencana pelaksanaan pembelajaran.Hasil penelitian diperoleh:(1) perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid,(2) dari uji coba keterbacaan dengan hasil: lembar observasi keterlaksanaan perangkat ; respon guru terhadap perangkat pembelajaran masing-masing dan, hasil uji keterbacaan ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis (memenuhi kriteria kepraktisan). (3)dari hasil uji coba I dan uji coba II hasil tes kemampuan representasi matematis memenuhi ketuntasan, kemampuan guru mengelola pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan, respon baik dari hasil angket respon siswa, sehinga ini menunjukkan perangkat yang dikembangkan efektif (4) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan kategori sedang. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.