PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DI SMP NEGERI 5 MEDAN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistik, (2) Menganalisis peningkatan Self-Efficacy Siswa Melalui Pendekatan Realistik, (3) Menganalisis apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (4) Menganalisis apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap Self-Efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa SMP NEGERI 5 Medan, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa melalui teksin cluster random sampling. Analisis data dilakukan dengan Uji–t dan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Adanya Peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa yang diajar dengan Pendekatan Realistik, (2) Adanya Peningkatan Self-efficacy siswa yang diajar dengan Pendekatan Realistik, (3) Tidak Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa, (4) Tidak Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan Self-Effficacy siswa.