Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian yang bertujuan memperoleh modul kimia laju reaksi inovatif terinternalisasi karakter untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa SMA. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan (research and development) dan eksperimen. Validator dalam penelitian ini yaitu 9 orang guru kimia di SMA dan 2 orang Dosen Kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Pertiwi Medan. Sampel yang diteliti terdiri dari 60 siswa yang diambil pada sekolah tersebut. Dalam mengujicobakan modul kimia inovatif, digunakan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan SPSS 20 for windows pada α = 0,05. Teknik Pengumpulan data menggunakan instrument tes objektif dalam bentuk pilihan berganda dan lembar observasi karakter. Penilaian pada modul yang telah dikembangkan dilakukan dengan menggunakan format BSNP (Badan StandarNasional Pendidikan). Hasil analisa berdasarkan BSNP diperoleh, aspek kelayakan isi 4,43 (sangat valid), kelayakan bahasa 4,45 (sangat valid), kelayakan penyajian 4,45 (sangat valid), kelayakan kegrafikan 4,44 (sangat valid ). Pengujian terhadap siswa dilakukan dengan menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.Terhadap siswa kelas eksperimen diberi modul kimia laju reaksi inovatif terinternalisasi karakter, sedangkan kelas kontrol menggunakan buku pelajaran dari sekolah. Berdasarkan analisis data hasil belajar diperoleh nilai sig <0,05 yaitu sebesar 0,000 dan thitung > ttabel (6,185 > 2,042) maka Ha diterima dimana hasil belajar kimia siswa yang menggunakan modul kimia laju reaksi inovatif terinternalisasi karakter lebih baik dari pada menggunakan buku pelajaran di Sekolah. Dengan diperoleh nilai rata – rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 81,5 dan kelas kontrol sebesar 70.