Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis. (1) Pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa, (2) Pengaruh tingkat kreativitas terhadap hasil belajar IPA siswa. (3) Interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD 060856 Medan. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara purposive random sampling sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model pemecahan masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes hasil belajar IPA dan angket kreativitas belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran pemecahan masalah berbeda secara signifikan dan lebih baik dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Siswa dengan kreativitas tinggi menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding siswa dengan kreativitas rendah. Terdapat Interaksi antara kedua model pembelajaran dan tingkat kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Hasil penelitan ini menyarankan bahwa model pembelajaran pemecahan masalah merupakan solusi dan alternatif pilihan guru dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa.