Daftar Isi:
  • Penelitian ini Bertujuan untuk menghasilkan produk buku ajar IPS berbasis budaya lokal yang valid dengan tuntutan kurikulum maupun konteks lokal dan mengetahui keefektifan produk buku ajar yang dikembangkan tersebut. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Blang Kucak, SD Negeri Blang Benara dan SD Negeri Suka Makmur. Model pengembangan yang digunakan adalah Dick & Carey yang diadaptasikan ke prosedur pengembangan oleh Sa’adun Akbar. Prosedur penelitian yaitu dimulai dari identifikasi masalah, analisis kurikulum, perancangan dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk buku ajar yang dikembangkan sudah valid dengan melalui beberapa tahapan revisi/perbaikan. Persentase nilai yang diperoleh antara lain: (a) kelayakan bahasan (96%), (b) kelayakan Isi (93%), (c) kelayakan Penyajian (91%), (d) praktisi 1 (94%), (e) praktisi 2 (95%), (f) praktisi 3 (95%). Untuk keefektifak produk buku ajar maka diujicobakan kepada siswa, berikut hasil perolehan persentase klasikal dari hasil belajar siswa: (a) fase one to one 70%, (b) evaluasi kelompok kecil 77,26%, dan (c) uji coba terbatas 85,71%. Berdasarkan uji coba tersebut, pada pertemuan ketiga produk sudah memenuhi keefektifakn produk buku ajar yaitu siswa minimal mencapai ketuntasan klasikal sebesar 85%.