Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap keterampilan menulis puisi siswa, (2) pengaruh penguasaan diksi terhadap keterampilan menulis puisi siswa, dan (3) pengaruh model pembelajaran sinektik dan penguasaan diksi terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Dharmawangsa Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Dharmawangsa Medan yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa sebanyak 153 orang. Pemilihan SMA Dharmawangsa Medan sebagai populasi penelitian berdasarkan asumsi bahwa siswa-siswi tersebut memiliki karakteristik yang relatif sama. Sehingga teknik pengambilan sampel menggunakan random kelas dengan sistem undi atau lotre. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XA dan kelas XB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Untuk mengumpulkan data digunakan tes. Tes keterampilan menulis puisi digunakan tes menulis puisi dan tes penguasaan diksi menggunakan pilihan ganda. Teknik analisis data penelitian yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa dengan Sinektik skor rata-rata keterampilan menulis puisi sebesar 35,433, adapun untuk kelompok siswa dengan Konvensional skor rata-rata keterampilan menulis puisi sebesar 33,167. Hal ini berarti bahwa penerapan Sinektik memberikan pengaruh yang lebih baik daripada Konvensional. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok siswa dengan penguasaan diksi tinggi skor rata-rata keterampilan menulis puisi sebesar 36,8 adapun skor rata-rata keterampilan menulis puisi dengan penguasaan diksi rendah sebesar 31,83. Hal ini berarti penguasaan diksi terbukti mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian keterampilan menulis puisi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap keterampilan menulis puisi siswa, (2) ada pengaruh penguasaan diksi terhadap keterampilan menulis puisi siswa, (3) ada interaksi antara model pembelajaran sinektik dan penguasaan diksi terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Dharmawangsa Medan.