PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR ACTIVITIES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS IV SD NEGERI 101775 SAMPALI T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi daun dengan menggunakan metode outdoor activities. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101775 Sampali di kelas IV pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 28 orang. Terdiri dari 17 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes berupa soal pilhan berganda dan observasi, lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Penelitian ini terdiri dari tahap awal (pre test) dan dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan pada tahap awal diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 44,6 dengan ketuntasan klasikal sebanyak 6 siswa (21,4 %) mendapat nilai tuntas, dan 22 siswa (78,6 %) belum tuntas. Selanjutnya pada Siklus I, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 66,07 dengan 16 siswa (57,14 %) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 12 siswa (42,86 %) yang belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 80,71 dengan ketuntasan klasikal sebanyak 24 siswa (85,71%) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 siswa (14,29 %) yang belum mencapai ketuntasan belajar. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor activities pada materi daun dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SDN 101775 Sampali. Berdasarkan hasil tersebut, sebaiknya penerapan metode pembelajaran outdoor activities digunakan guru sebagai salah satu alternatif guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA maupun pada mata pelajaran lainnya.