Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keatifitas belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas V-B SD Negeri 025281 Binjai Utara T.A 2016/2017. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 025281 Binjai Utara T.A 2016/2017 yang berjumlah 37 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 siklus dimana setiap siklus dilakukan 2 x pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus terdapat 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi dan angket. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti terlebih dahulu mengamati proses pembelajaran awal siswa bertujuan untuk mengetahui kreatifitas belajar siswa dan kekurangan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dari 37 siswa kelas V-B, nilai klasikal kreatifitas pada siklus I pertemuan I diperoleh 9 orang siswa atau sekitar 24,32% dengan kategori kreatif dan 28 orang siswa atau sekitar 75,67% dengan kategori tidak kreatif. Pada siklus I pertemuan II meningkat diperoleh 15 orang siswa atau sekitar 40,54% dengan kategori kreatif dan 22 orang siswa atau sekitar 59,45% dengan kategori tidak kreatif. Siklus II pada pertemuan I diperoleh 25 orang siswa atau sekitar 67,56% dengan kategori kreatif dan 12 orang siswa atau sekitar 32,43% dengan kategori tidak kreatif. Dan siklus II pertemuan II mengalami peningkatan dengan diperoleh 31 orang siswa atau sekitar 83,78% dengan kategori kreatif dan 6 orang siswa atau sekitar 16,21% dengan kategori tidak kreatif. Hasil angket Siklus I diperoleh 25 orang siswa atau sekitar 67,56% dan mengalami peningkatan di Siklus II dengan 33 orang siswa atau sekitar 89,18%. Penilaian pada peneliti yang dilakukan oleh guru kelas V pada siklus I nilai rata-ratanya adalah 68% termasuk kategori baik dan dan mengalami peningkatan di siklus II dengan nilai rata-ratanya adalah 88% termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, tindakan dan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kreatifitas belajar siswa dalam pembelajaran pada tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan di kelas V-B SDN 025281 Binjai Utara T.A 2016/2017