MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 105287 TEMBUNG T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan Pesawat Sederhana di kelas V SD Negeri 105287 Tembung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe NHT dan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 105287 Tembung tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 35 orang siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 22 siswa Perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Angket. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pelaksanaan pada kondisi awal dengan menggunakan angket memperoleh nilai rata-rata 58,08. Pada siklus I setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT perolehan angket mendapatkan nilai rata-rata 72,68, Pada siklus II perolehan angket mendapatkan nilai rata-rata 92,37. Hasil Observasi siswa secara keseluruhan pada siklus I Pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai persentase rata-rata 56,51%. Pada siklus I pertemuan II diperoleh nilai rata-rata 69,02%. Pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai ratarata 79,90%. Pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata 93,08%. Hasil observasi guru secara keseluruhan meningkat 57%, 68,75%, 79,2% sampai menjadi 97%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 105287 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017