PENERAPAN SIMULASI AUTOCAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran Simulasi AutoCAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan pada kompetensi Dasar Menerapkan Spesifikasi dan Ketentuan Teknis Pada Gambar Tangga di Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2016/2017 yang berjumlah 25 siswa. Prosedur tindakan dilaksanakan pada dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I mempelajari tentang macam-macam tangga dan pada siklus II mempelajari mendesain perhitungan tangga. Hasil penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan aktivitas belajar siswa meningkat, pada siklus I pertemuan pertama nilai rata-rata komulatif aktivitas siswa siklus I yaitu 74 dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75 dan pada hasil nilai rata-rata aktivitas siswa siklus II yaitu mencapai 84. Pada nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 74 dengan KKM 75 dan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar kompetensi siswa mencapai 86. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Simulasi AutoCAD dapat Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Gambar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas XI Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A. 2016/2017.