MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI N0 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2016/2017
ctrlnum |
24431 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/24431/</relation><title>MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN
MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN PADA MATA
PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI N0 104204
SAMBIREJO TIMUR T.A 2016/2017</title><creator>Barus, Ella Mona Yolanda</creator><subject>BF501 Motivation</subject><subject>LB1501 Primary Education</subject><subject>Q Science (General)</subject><description>Penelitian ini dilakukan berdasarkan dari rendahnya motivasi belajar siswa
di kelas IV SD Negeri No 104204 Sambirejo Timur pada mata pelajaran IPA.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model
pembelajaran Bertukar Pasangan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada
pelajaran IPA materi pokok energi alternatif di kelas IV SD Negeri No 104204
Sambirejo Timur. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Bertukar
Pasangan pada mata pelajaran IPA materi pokok energi alternative.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian adalah seluruh
siswa kelas IV-B SD Negeri No 104204 Sambirejo Timur sebanyak 29 orang
siswa yang terdiri dari 8 orang siswa perempuan dan 21 orang siswa laki- laki.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan observasi. Teknik
analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan
menguraikan persentase- persentase pada setiap siklus.
Berdasarkan analisis data, pada pra-tindakan diperoleh hasil angket siswa
dengan persentase 56,13% dan secara klasikal hanya 34% siswa yang termotivasi,
Pada pasca siklus II hasil angket siswa meningkat dengan persentase 87,10% dan
secara klasikal mencapai 100% siswa yang termotivasi. Untuk hasil observasi
pada siklus I diperoleh 48,17% dan secara klasikal mencapai 17%. Pada
pertemuan II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 69,75% dan secara
klasikal mencapai 72%. Pada siklus II pertemuan I, siswa yang termotivasi
mencapai 75,96% dan secara klasikal mencapai 89%. Pada pertemuan II, siswa
yang termotivasi mencapai 87,79% dan secara klasikal mencapai 100%. Untuk
cara mengajar peneliti pada siklus I pertemuan I mendapatkan nilai 66,6 dengan
kriteria cukup baik, pada pertemuan II mendapatkan nilai 71,66 dengan kriteria
baik, pada siklus II pertemuan I mendapatkan nilai 73,33 dengan kriteria baik dan
pada pertemuan II mendapatkan nilai 88,33 dengan kriteria sangat baik.
Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan
bahwasanya dengan menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok
energi alternatif di kelas IV SD Negeri No 104204 Sambirejo Timur Tahun
Ajaran 2016/2017.</description><date>2017-04-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/1/1.%20NIM.%201133311057_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/2/2.%20NIM.%201133311057_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/3/3.%20NIM.%201133311057_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/4/4.%20NIM.%201133311057_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/5/5.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/6/6.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/7/7.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/8/8.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20DIAGRAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/9/9.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/10/10.%20NIM.%201133311057_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/11/14.%20NIM.%201133311057_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/12/15.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Barus, Ella Mona Yolanda (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI N0 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>24431</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Barus, Ella Mona Yolanda |
title |
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN
MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN PADA MATA
PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI N0 104204
SAMBIREJO TIMUR T.A 2016/2017 |
publishDate |
2017 |
isbn |
201133311057 |
topic |
BF501 Motivation LB1501 Primary Education Q Science (General) |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/24431/1/1.%20NIM.%201133311057_COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24431/2/2.%20NIM.%201133311057_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24431/3/3.%20NIM.%201133311057_ABSTRAK.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24431/4/4.%20NIM.%201133311057_KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24431/5/5.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24431/6/6.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24431/7/7.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24431/8/8.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20DIAGRAM.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24431/9/9.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24431/10/10.%20NIM.%201133311057_BAB%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24431/11/14.%20NIM.%201133311057_BAB%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24431/12/15.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24431/ |
contents |
Penelitian ini dilakukan berdasarkan dari rendahnya motivasi belajar siswa
di kelas IV SD Negeri No 104204 Sambirejo Timur pada mata pelajaran IPA.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model
pembelajaran Bertukar Pasangan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada
pelajaran IPA materi pokok energi alternatif di kelas IV SD Negeri No 104204
Sambirejo Timur. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Bertukar
Pasangan pada mata pelajaran IPA materi pokok energi alternative.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian adalah seluruh
siswa kelas IV-B SD Negeri No 104204 Sambirejo Timur sebanyak 29 orang
siswa yang terdiri dari 8 orang siswa perempuan dan 21 orang siswa laki- laki.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan observasi. Teknik
analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan
menguraikan persentase- persentase pada setiap siklus.
Berdasarkan analisis data, pada pra-tindakan diperoleh hasil angket siswa
dengan persentase 56,13% dan secara klasikal hanya 34% siswa yang termotivasi,
Pada pasca siklus II hasil angket siswa meningkat dengan persentase 87,10% dan
secara klasikal mencapai 100% siswa yang termotivasi. Untuk hasil observasi
pada siklus I diperoleh 48,17% dan secara klasikal mencapai 17%. Pada
pertemuan II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 69,75% dan secara
klasikal mencapai 72%. Pada siklus II pertemuan I, siswa yang termotivasi
mencapai 75,96% dan secara klasikal mencapai 89%. Pada pertemuan II, siswa
yang termotivasi mencapai 87,79% dan secara klasikal mencapai 100%. Untuk
cara mengajar peneliti pada siklus I pertemuan I mendapatkan nilai 66,6 dengan
kriteria cukup baik, pada pertemuan II mendapatkan nilai 71,66 dengan kriteria
baik, pada siklus II pertemuan I mendapatkan nilai 73,33 dengan kriteria baik dan
pada pertemuan II mendapatkan nilai 88,33 dengan kriteria sangat baik.
Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan
bahwasanya dengan menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok
energi alternatif di kelas IV SD Negeri No 104204 Sambirejo Timur Tahun
Ajaran 2016/2017. |
id |
IOS3150.24431 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-07-11T01:43:03Z |
last_indexed |
2017-07-11T01:43:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033438059528192 |
score |
17.538404 |