ctrlnum 24431
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/24431/</relation><title>MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN&#xD; MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN PADA MATA&#xD; PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI N0 104204&#xD; SAMBIREJO TIMUR T.A 2016/2017</title><creator>Barus, Ella Mona Yolanda</creator><subject>BF501 Motivation</subject><subject>LB1501 Primary Education</subject><subject>Q Science (General)</subject><description>Penelitian ini dilakukan berdasarkan dari rendahnya motivasi belajar siswa&#xD; di kelas IV SD Negeri No 104204 Sambirejo Timur pada mata pelajaran IPA.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model&#xD; pembelajaran Bertukar Pasangan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada&#xD; pelajaran IPA materi pokok energi alternatif di kelas IV SD Negeri No 104204&#xD; Sambirejo Timur. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan&#xD; motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Bertukar&#xD; Pasangan pada mata pelajaran IPA materi pokok energi alternative.&#xD; Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)&#xD; yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian adalah seluruh&#xD; siswa kelas IV-B SD Negeri No 104204 Sambirejo Timur sebanyak 29 orang&#xD; siswa yang terdiri dari 8 orang siswa perempuan dan 21 orang siswa laki- laki.&#xD; Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan observasi. Teknik&#xD; analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan&#xD; menguraikan persentase- persentase pada setiap siklus.&#xD; Berdasarkan analisis data, pada pra-tindakan diperoleh hasil angket siswa&#xD; dengan persentase 56,13% dan secara klasikal hanya 34% siswa yang termotivasi,&#xD; Pada pasca siklus II hasil angket siswa meningkat dengan persentase 87,10% dan&#xD; secara klasikal mencapai 100% siswa yang termotivasi. Untuk hasil observasi&#xD; pada siklus I diperoleh 48,17% dan secara klasikal mencapai 17%. Pada&#xD; pertemuan II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 69,75% dan secara&#xD; klasikal mencapai 72%. Pada siklus II pertemuan I, siswa yang termotivasi&#xD; mencapai 75,96% dan secara klasikal mencapai 89%. Pada pertemuan II, siswa&#xD; yang termotivasi mencapai 87,79% dan secara klasikal mencapai 100%. Untuk&#xD; cara mengajar peneliti pada siklus I pertemuan I mendapatkan nilai 66,6 dengan&#xD; kriteria cukup baik, pada pertemuan II mendapatkan nilai 71,66 dengan kriteria&#xD; baik, pada siklus II pertemuan I mendapatkan nilai 73,33 dengan kriteria baik dan&#xD; pada pertemuan II mendapatkan nilai 88,33 dengan kriteria sangat baik.&#xD; Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan&#xD; bahwasanya dengan menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan dapat&#xD; meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok&#xD; energi alternatif di kelas IV SD Negeri No 104204 Sambirejo Timur Tahun&#xD; Ajaran 2016/2017.</description><date>2017-04-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/1/1.%20NIM.%201133311057_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/2/2.%20NIM.%201133311057_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/3/3.%20NIM.%201133311057_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/4/4.%20NIM.%201133311057_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/5/5.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/6/6.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/7/7.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/8/8.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20DIAGRAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/9/9.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/10/10.%20NIM.%201133311057_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/11/14.%20NIM.%201133311057_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24431/12/15.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Barus, Ella Mona Yolanda (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI N0 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>24431</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Barus, Ella Mona Yolanda
title MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI N0 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2016/2017
publishDate 2017
isbn 201133311057
topic BF501 Motivation
LB1501 Primary Education
Q Science (General)
url http://digilib.unimed.ac.id/24431/1/1.%20NIM.%201133311057_COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24431/2/2.%20NIM.%201133311057_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24431/3/3.%20NIM.%201133311057_ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24431/4/4.%20NIM.%201133311057_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24431/5/5.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24431/6/6.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24431/7/7.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24431/8/8.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20DIAGRAM.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24431/9/9.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24431/10/10.%20NIM.%201133311057_BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24431/11/14.%20NIM.%201133311057_BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24431/12/15.%20NIM.%201133311057_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24431/
contents Penelitian ini dilakukan berdasarkan dari rendahnya motivasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri No 104204 Sambirejo Timur pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model pembelajaran Bertukar Pasangan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA materi pokok energi alternatif di kelas IV SD Negeri No 104204 Sambirejo Timur. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Bertukar Pasangan pada mata pelajaran IPA materi pokok energi alternative. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV-B SD Negeri No 104204 Sambirejo Timur sebanyak 29 orang siswa yang terdiri dari 8 orang siswa perempuan dan 21 orang siswa laki- laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan observasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan menguraikan persentase- persentase pada setiap siklus. Berdasarkan analisis data, pada pra-tindakan diperoleh hasil angket siswa dengan persentase 56,13% dan secara klasikal hanya 34% siswa yang termotivasi, Pada pasca siklus II hasil angket siswa meningkat dengan persentase 87,10% dan secara klasikal mencapai 100% siswa yang termotivasi. Untuk hasil observasi pada siklus I diperoleh 48,17% dan secara klasikal mencapai 17%. Pada pertemuan II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 69,75% dan secara klasikal mencapai 72%. Pada siklus II pertemuan I, siswa yang termotivasi mencapai 75,96% dan secara klasikal mencapai 89%. Pada pertemuan II, siswa yang termotivasi mencapai 87,79% dan secara klasikal mencapai 100%. Untuk cara mengajar peneliti pada siklus I pertemuan I mendapatkan nilai 66,6 dengan kriteria cukup baik, pada pertemuan II mendapatkan nilai 71,66 dengan kriteria baik, pada siklus II pertemuan I mendapatkan nilai 73,33 dengan kriteria baik dan pada pertemuan II mendapatkan nilai 88,33 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya dengan menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok energi alternatif di kelas IV SD Negeri No 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2016/2017.
id IOS3150.24431
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:43:03Z
last_indexed 2017-07-11T01:43:03Z
recordtype dc
_version_ 1766033438059528192
score 17.538404