Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran gambar teknik melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program KeahlianTeknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Bandung 2, yang terdiri dari 28 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus dilakukan dengan 2 pertemuan.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa.Berdasarkan nilai hasil belajar, nilai siswa meningkat disetiap tes.Nilai rata-rata pree test adalah 49,28 di siklus I nilai rata-rata hasil belajar adalah 77,14 dan di siklus II nilai rata-rata hasilbelajaradalah 86,78. Berdasarkan lembar observasi ditemukan bahwa proses belajar mengajar berjalan dengan baik. . Penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan nilai belajar siswa dalam mata pelajaran Gambar Teknik di kelas X SMK Swasta Bandung 2.