Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan pada siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Medan yang belum optimal. Penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan. Untuk perhitungan uji validitas butir digunakan rumus Koefisien Korelasi dengan subjek penelitian sebanyak 24 orang. Butir tes dikatakan valid apabila rpbis > rtabel pada taraf signifikan 5% atau sama dengan (0,404), sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus K-R20. Dengan menerapkan Model Pembelajaran TTW pada siklus I aktivitas belajar siswa belum mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus II aktivitas siswa meningkat dimana rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh 55% dan pada siklus II meningkat menjadi 71% dengan persentase peningkatan sebesar 16%. Dari hasil tindakan yang dilakukan didapat rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan Model Pembelajaran TTW mengalami peningkatan, dimana dari siklus I rata-rata hasil belajar siswa 69% dan pada siklus II menjadi 84,7% dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,7 %. Dari uraian tersebut berarti bahwa Penerapan Model Pembelajaran TTW meningkatkan hasil belajar.