MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS IV SD NEGERI 101801 KEDAI DURIAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dalam mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101801 Kedai Durian, Kecamatan Delitua. Sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa digunakan model pembelajaran Scramble yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dalam mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101801 Kedai Durian, Kecamatan Delitua. Penelitian ini menggunakan desain PTK yang dikemukakan oleh Kemmis & Mc Taggart terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilkukan tindakan pada siklus I peneliti memberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran IPA penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya, kemudian di akhir dilanjutkan dengan siklus I dan siklus II dan di akhiri dengan pemberian post test I dan II. Subjek yang melaksanakan tindakan dalam penelitian ini adalah peneliti yang bekerja sama dengan guru kelas sebagai observer. Sedangkan subjek yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB SD Negeri 101801 Kedai yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Kriteria ketuntasan belajar didasarkan pada ketuntasan secara individu dan secara klasikal dengan kriteria ketuntasan minimal 70 bagi individu dan ketuntasan klasikal mencapai ≥ 80%. Berdasarkan analisis data pada kondisi awal terdapat 8 siswa (22,85%) yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 53,45. Dari hasil post test siklus I terdapat 19 siswa (54,28%) yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan rata-rata kelas 67,68. Data ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 32% dari tes awal. Dari hasil post test siklus II terdapat 31 siswa (88,57%) yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan rata-rata kelas 85,65. Data ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 34% dari post test siklus I. Dari temuan dan hasil penelitian tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dalam mata pelajaran IPA di kelas IV. Oleh karena itu guru perlu menerapkan model pembelajaran Scramble sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa