Daftar Isi:
  • Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa pada materi Jasa dan Peran Tokoh Kemerdekaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi Jasa dan Peran Tokoh di Sekitar Proklamasi Kemerdekaan dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) di kelas V SD. Negeri No. 105332 Seiblumei Tanjung Morawa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SD. Negeri No. 105332 Seiblumei Tanjung Morawa di pada semester genap TA. 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa. Terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes berupa soal pilihan ganda dan observasi berupa observasi kegiatan guru dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan pada kondisi awal diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 38,67 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 2 orang (5,88%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 32 orang (94,12%). Selanjutnya dilakukan tindakan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 66,17 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 22 orang (64,71%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 12 orang (35,29%). Kemudian dilanjutkan perbaikan pada siklus II dan diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 82,05 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 31 orang (91,18%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 3 orang (8,82%). Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal, siklus I dan siklus II sudah mencapai standar ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SD. Negeri No. 105332 Seiblumei Tanjung Morawa TA. 2016/2017