Daftar Isi:
  • Salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional anak adalah keluarga, pendidikan karakter dalam keluarga akan menjadi bekal anak mengolah emosinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pendidikan karakter dalam keluarga dengan kecerdasan siswa kelas tinggi khususnya di kelas IV SD Negeri No.054906 Tebasan Lama Kec. Stabat Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri No.054906 Tebasan Lama Keca.Stabat yang berjumlah 43 orang siswa., sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu pendidikan karakter dalam keluarga sebagai variabel bebas (X) dan kecerdasan emosional siswa sebagai variabel (Y). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket skala likert yaitu angket pendidikan karakter dalam keluarga sebanyak 25 butir item dan angket kecerdasan emosional siswa sebanyak 20 butir item yang masing-masing variabel telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data penelitian dilakukan dengan cara analisis deskriptif yaitu menggunakan tabel frekuensi untuk menentukan nilai rata-rata, dan menggunakan korelasi Product Momen serta Uji t. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pendidikan karakter dalam keluarga siswa SD Negeri No.054906 Tebasan Lama Kec. Stabat tergolong dalam kategori sedang dengan nilai rat-rata skor sebesar 76,74 dan kecerdasan emosional siswa SD Negeri No.054906 Tebasan Lama Kec. Stabat juga tergolong dalam kategori sedang dengan nilai ratrata skor sebesar 62,44. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Product Momen dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05) untuk N = 43, maka diperoleh r hitung > r tabel (0,718 > 0,301) yang menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara pendidikan karakter dalam keluarga dengan kecerdasan emosional siswa dengan tingkat korelasi yang tinggi. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung > t tabel atau 6,605 > 0,683, yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis berisi “adanya hubungan yang signifikan antara pendidikan karakter dalam keluarga dengan kecerdasan siswa SD Negeri No.054906 Tebasan Lama Kec. Stabat Tahun Ajaran 2016/2017.