PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PANGKAS INCREASE LAYER KELAS XI TATA KECANTIKAN RAMBUT SMK NEGERI 8 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa produk media video tutorial pada mata pelajaran pemangkasan dan penataan rambut dan untuk mengetahui efektifitas pengembangan media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Medan. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah mata pelajaran pemangkasan dan penataan rambut kompetensi teknik pangkas layer yang didesain menggunakan modul pembelajaran berbasis web. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI tata kecantikan kulit yang berjumlah 30 orang di SMK Negeri 8 Medan. Modul pembelajaran berbasis web meliputi tiga tahapan, yakni : penentuan (define), pengembangan (develop), dan penilaian (evaluate). Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, Uji coba kelompok kecil berjumlah 5 orang siswa, uji coba kelompok sedang berjumlah 15 orang siswa, uji coba kelompok besar berjumlah 30 orang siswa , dan dilanjutkan dengan uji efektifitas guru dan siswa. Data tentang kualitas produk pengembangan dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ahli materi berada pada kualifikasi baik (83,2%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (84,2%), (3) uji coba kelompok kecil berada pada kulifikasi cukup baik (62,55%), (4) uji coba kelompok sedang berada pada kualifikasi baik (81,2%), (5) uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik (90,2%), (6) uji efektifitas siwa pada kualifikasi sangat baik (90,4%), (7) uji efektifitas guru pada kualifikasi sangat baik (90%) ini membuktikan tingkat keefektifan modul pembelajaran berbasis video tutorial yang di kembangkan sangat baik untuk mata pelajaran khusus kompetensi teknik pangkas layer.