PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SANITASI, HYGIENE DAN KESELAMATAN KERJA (K3) SISWA SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Mata Pelajaran Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja, (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Mata Pelajaran Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja, (3) Pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja. Teknik pengambilan sampel secara Total Sampling dengan jumlah 60 orang. Kelas X-1 berjumlah 30 orang dan kelas X-2 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) pada Mata Pelajaran Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 93,33 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) pada Mata Pelajaran Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja termassuk kategori cenderung cukup sebesar 50,00 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal dengan nilai kelas eksperimen (Xhitung = 9,7 < Xtabel = 11,07), kelas kontrol (Xhitung = 7,6 < Xtabel = 11,07). Berdasarkan hasil uji hipotesis (Uji t) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) terhadap hasil belajar Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja dengan nilai t_(Hitung )> t_(Tabel )(4,63>1,661) pada taraf signifikan 5%. Artinya model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja.