Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolak peluru gaya Ortodoks melalui pendekatan bermain dan modifikasi alat pada siswa kelas VII SMP HKBP Sidorame Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini dilaksanakan di SMP HKBP Sidorame Tahun Ajaran 2016/2017, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 22 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II dengan penilaian sesuai dengan portofolio yang menilai proses teknik tolak peluru. Setelah data terkumpul telah dilakukan analisis, maka diperoleh hasil analisisnya :(1) dari tes hasil belajar 1 di siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 22 orang siswa terdapat 14 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 63,63% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 8 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 36,36% dengan nilai rata-rata 28,40% (2) dari tes hasil belajar I di siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 22 orang siswa terdapat 18 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,36% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 3 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 13,63% dengan nilai rata-rata 78,98. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Melalui Pendekatan Bermain dan Modifikasi Alat dapat Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Ortodoks Pada Siswa kelas VII SMP HKBP Sidorame Tahun Ajaran 2016/2017.