ANALISIS PERMASALAHAN PERILAKU SOSIAL ANAK SERTA CARA GURU MENGATASINYA PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA 05 MEDAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah kurang mampunya anak dalam menjalin hubungan sosial dengan teman sebaya dan kurang maksimalnya guru dalam mengatasi permasalahan perilaku sosial anak dalam menjalin hubungan antar teman sebaya sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan perilaku sosial serta cara guru mengatasinya pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA 05 MEDAN pada semester II. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskiptif kualitatif dan populasi penelitian berjumlah 123 orang anak dan 7 orang guru yang mengajar di TK ABA 05 MEDAN, instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan wawancara, selanjutnya dianalisis dengan metode pengumpulan data, reduksi data, sajian data , penarikan kesimpulan / verifikasi. Hasil analisis data menunjukkan terdapat permasalahan perilaku sosial anak usia 5-6 tahun di TK ABA yaitu : perilaku agresif, perilaku pemalu, perilaku merusak, dan cara guru mengatasi permasalahan perilaku sosial tersebut dengan cara memberikan pendekatan, perhatian yang lebih, diberikan pengarahan dan pengertian,memberikan kesempatan yang banyak dalam melakukan suatu hal, serta menciptakan suasana yang nyaman. Kemudian hasil observasi dan wawancara terungkap bahwa terdapat 4 orang anak yang mengalami permasalahan perilaku sosial selain itu peran guru dalam mengatasi permasalahan sosial anak kurang, sehingga perlunya guru mengetahui permasalahan perilaku sosial anak sesuai dengan jenis permasalahan perilakunya.