PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1061612 MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis karangan narasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106162 Medan Estate pada kelas IV semester II tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV yang ada di SD Negeri 106162 Medan Estate yang berjumlah 60 siswa. Sampel terdiri dari 2 kelas, kelas IV-A berjumlah 30 siswa dan kelas IV-B berjumlah 30 siswa. Teknik instrument tes melalui tes dan observasi. Teknik analisis data terdiri dari uji analisis deskriptif dan uji analisis inferensial. Berdasarkan hasil Pretest skor yang diperoleh untuk kelas kontrol sebesar 518 dengan nilai rata-rata 68,96 dan skor yang diperolah kelas eksperimen sebesar 547 dengan nilai rata-rata 74,1. Rata-rata nilai posttest untuk kelas kontrol sebesar 77,8 dengan jumlah skor sebesar 578. Setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen, maka diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 84,36 dengan jumlah skor 628. Jumlah peningkatan kelas eksperimen berdasarkan nilai pretest dan posttest sebesar 13,84% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 12,81%. Analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus uji liliefors, uji homogenitas dengan rumus uji F, dan uji hipotesis dengan rumus uji-t. Pada uji normalitas pretest di kelas eksperimen nilai L0 (0,076) < nilai Ltabel (0,161) sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai L0 (-0,4013) < nilai Ltabel (0,161) dimana kedua kelas berdistribusi normal. Uji normalitas possttest di kelas eksperimen nilai L0 (0,046) < nilai Ltabel (0,161) sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai L0 (0,0107) < nilai Ltabel (0,161) dimana kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas pretest nilai Fhitung = 1,070 < 1,86 maka data bersifat homogen sementara pada uji homogenitas posttest nilai Fhitung 1,400 < 1,86 maka data untuk posttest dapat dikatakan homogen. Uji hipotesis didapat thitung (3,94) > ttabel (2,00) dengan taraf signifikan α=0,05. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 106162 Medan Estate TA 2016/2017.