PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUAL, REPETITION (AIR) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS III SDN 101765 BANDAR SETIA T.A 2016/ 2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengingkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran auditory, intellectual, repetition (AIR) pada mata pelajaran IPA materi pokok sifat – sifat benda di kelas III SD Negeri 101765 Bandar Setia T.A 2016/ 2017. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 101765 Bandar Setia dengan jumlah siswa 29 orang siswa. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada pre test hasil yang diperoleh dari 29 siswa terdapat 4 siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan persentase (13,80 %) dan sebanyak 25 siswa yang belum tuntas dengan persentase (86,20 %). Pada tes siklus I terdapat 16 siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan persentase (55,17 %) dan 13 siswa yang belum tuntas dengan persentase (44,83 %). Dan pada siklus II terdapat 26 siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan persentase (89,66 %) dan sebanyak 3 siswa yang belum mendapat nilai tuntas dengan persentase (10,34 %). Melihat ketuntasan yang diperoleh >80 % maka secara klasikal sudah mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan. Adapun hasil observasi guru mengajar pada siklus I yaitu 64,28 % dan mengalami peningkatan sebesar 23,81 % menjadi 88,09 % pada siklus II. Hasil observasi siswa dari aspek afektif dan psikomotorik pada siklus I sebesar 58, 87 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 85,34. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran auditory, intellectual, repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok sifat – sifat benda di kelas III SD Negeri 101765 Bandar Setia T.A 2016/ 2017.