ctrlnum 24301
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/24301/</relation><title>MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2016/2017</title><creator>Naibaho, Sahrolina</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1501 Primary Education</subject><subject>Q Science (General)</subject><description>Rumusan masalah penelitian ini adalah &#x201C;Apakah model Contextal Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2016/2017&#x201D;. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa melalui model Contextal Teaching and Learning (CTL) kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Maret 2017. Tempat penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101766 Bandar Setia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi adalah keseluruhan siswa kelas VB yang berjumlah 26 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemandirian belajar. Angket kemandirian belajar sebanyak 25 butir pernyataan yang diberikan kepada seluru siswa kelas V SD yang berjumlah 26 orang siswa. Dengan menggunakan rumus persentase. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket, lalu dilakukan pembelajaran menggunakan model Contextal Teaching and Learning (CTL). Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa 3 orang siswa mengalami kemandirian belajar sebelum melakukan tindakan mencapai 11,5% dengan kriteria sangat kurang. Sedangkan pada siklus I sudah menunjukkan peningkatan kemandirian belajar mencapai 42% dengan kriteria kurang, namun masih belum mencapai kriteria yang ditetapkan. Untuk itu pada siklus II peneliti melakukan perbaikan tindakan yang lebih menekankan materi pada dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa. Hasilnya pada siklus II terjadi peningkatan kemandirian belajar mencapai 81% dengan kriteria baik. Hal ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa SD Negeri 101766 Bandar Setia telah mengalami peningkatan. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa melalui model pembelajaran Contextal Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa SD Negeri 101766 Bandar Setia tahun ajaran 2016/2017.</description><date>2017-04-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24301/7/1.%20NIM.%201132111021_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24301/8/2.%20NIM.%201132111021_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24301/9/3.%20NIM.%201132111021_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24301/10/4.%20NIM.%201132111021_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24301/10/5.%20NIM.%201132111021_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24301/4/6.%20NIM.%201132111021_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24301/2/7.%20NIM.%201132111021_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24301/1/8.%20NIM.%201132111021_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24301/6/9.%20NIM.%201132111021_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24301/3/13.%20NIM.%201132111021_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24301/5/14.%20NIM.%201132111021_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Naibaho, Sahrolina (2017) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>24301</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Naibaho, Sahrolina
title MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2016/2017
publishDate 2017
isbn 201132111021
topic L Education (General)
LB Theory and practice of education
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1501 Primary Education
Q Science (General)
url http://digilib.unimed.ac.id/24301/7/1.%20NIM.%201132111021_COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24301/8/2.%20NIM.%201132111021_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24301/9/3.%20NIM.%201132111021_ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24301/10/4.%20NIM.%201132111021_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24301/10/5.%20NIM.%201132111021_DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24301/4/6.%20NIM.%201132111021_DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24301/2/7.%20NIM.%201132111021_DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24301/1/8.%20NIM.%201132111021_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24301/6/9.%20NIM.%201132111021_BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24301/3/13.%20NIM.%201132111021_BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24301/5/14.%20NIM.%201132111021_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24301/
contents Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah model Contextal Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2016/2017”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa melalui model Contextal Teaching and Learning (CTL) kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Maret 2017. Tempat penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101766 Bandar Setia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi adalah keseluruhan siswa kelas VB yang berjumlah 26 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemandirian belajar. Angket kemandirian belajar sebanyak 25 butir pernyataan yang diberikan kepada seluru siswa kelas V SD yang berjumlah 26 orang siswa. Dengan menggunakan rumus persentase. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket, lalu dilakukan pembelajaran menggunakan model Contextal Teaching and Learning (CTL). Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa 3 orang siswa mengalami kemandirian belajar sebelum melakukan tindakan mencapai 11,5% dengan kriteria sangat kurang. Sedangkan pada siklus I sudah menunjukkan peningkatan kemandirian belajar mencapai 42% dengan kriteria kurang, namun masih belum mencapai kriteria yang ditetapkan. Untuk itu pada siklus II peneliti melakukan perbaikan tindakan yang lebih menekankan materi pada dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa. Hasilnya pada siklus II terjadi peningkatan kemandirian belajar mencapai 81% dengan kriteria baik. Hal ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa SD Negeri 101766 Bandar Setia telah mengalami peningkatan. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa melalui model pembelajaran Contextal Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa SD Negeri 101766 Bandar Setia tahun ajaran 2016/2017.
id IOS3150.24301
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:43:01Z
last_indexed 2017-07-11T01:43:01Z
recordtype dc
_version_ 1766033437257367552
score 17.538404