Daftar Isi:
  • Penelitian ini ini bertujuan untuk mengatahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Think Pair Share dan metode Discovery pada materi pokok bumi dan alam semesta di kelas V SDN 104205 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 104205 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 64 orang yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas VA dan VB. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampel, dengan perincian 32 siswa kelas VA (kelas kontrol) terdiri 12 laki-laki dan 20 perempuan yang diajarkan dengan Metode Think Pair Share sementara 32 siswa kelas VB (kelas eksperimen) terdiri dari 15 laki-laki dan 17 perempuan dengan menggunakan Metode Discovery. Perlakuan dilakukan selama 3 minggu atau sebanyak 4 kali pertemuan tatap muka untuk masing-masing kelas. Perlakukan yang diberikan berdasarkan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disiapkan oleh peneliti. Pada akhir pertemuan, kedua kelas penelitian diberi Posttes untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes inilah dapat diketahui sejauh mana pengaruh yang terjadi pada siswa. Dari hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran siswa dilihat adanya perbedaan yang signifikan antar hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Think Pair Share dan metode Discovery, dimana rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Think Pair Share 73,43 dengan simpangan baku (SD) sebesar 5,51 sedangkan dengan menggunakan metode Discovery 85,31 dengan simpangan baku (SD) 7,39. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana t hitung > t tabel (5,68 > 2,00), yang berarti dalam penelitian ini HO ditolak sekaligus sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan Antara Metode Think Pair Share dan Metode Discovery Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 104205 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017.