Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan penggunaan strategi pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan membuktikan apakah strategi pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101801 Kedai Durian di kelas V pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 31. Terdiri dari 17 laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes berupa soal pilihan berganda dan observasi, lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa. Penelitian ini terdiri dari tahap awal (pre test) dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu :perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahap awal diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 51,93 dengan ketuntasan 12,9%. Pada tahap awal ini siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa dan yang belum tuntas 27 siswa. Selanjutnya pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 67,90 dengan ketuntasan 54,84%. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas adalah sebanyak 17 siswa dan 14 siswa dinyatakan belum tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 83,87 dengan ketuntasan sebesar 90,32%. Dan jumlah siswa yang tuntas pada siklus II sebanyak 28 siswa dan 3 siswa dinyatakan belum tuntas. Dari hasil data penelitian tersebut disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya, dikarenakan penggunaan strategi pembelajaran card sort pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 101801 Kedai Durian.