MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 101775 SAMPALI KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: Panjaitan, Triaman Januarisdo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/24295/7/01.%20COVER%20TRIAMAN%20JANUARISDO%20PANJAITAN%20%281133311013%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24295/8/02.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20TRIAMAN%20JANUARISDO%20PANJAITAN%20%281133311013%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24295/10/03.ABSTRAK%20TRIAMAN%20JANUARISDO%20PANJAITAN%20%281133311013%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24295/9/04.%20KATA%20PENGANTAR%20TRIAMAN%20JANUARISDO%20PANJAITAN%20%281133311013%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24295/4/05.DAFTAR%20ISI%20TRIAMAN%20JANUARISDO%20PANJAITAN%20%281133311013%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24295/2/06.%20DAFTAR%20TABEL%20TRIAMAN%20JANUARISDO%20PANJAITAN%20%281133311013%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24295/1/07.%20Daftar%20Gambar%20TRIAMAN%20JANUARISDO%20PANJAITAN%20%281133311013%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24295/1/08.%20DAFTAR%20LAMPIRAN%20TRIAMAN%20JANUARISDO%20PANJAITAN%20%281133311013%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24295/5/09.%20BAB%20I%20TRIAMAN%20JANUARISDO%20PANJAITAN%20%281133311013%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24295/3/13.%20BAB%20V%20TRIAMAN%20JANUARISDO%20PANJAITAN%20%281133311013%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24295/6/14.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20TRIAMAN%20JANUARISDO%20PANJAITAN%20%281133311013%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24295/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Beberapa masalah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, proses pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah, guru tidak menggunakan media atau alat peraga pada saat proses belajar mengajar berlangsung, kurangnya kreativitas siswa ketika proses belajar berlangsung. Dengan demikian rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Mengguanakan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia di Kelas V SDN 101775 Sampali Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017”. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 101775 Sampali Kab.Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2107, Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Vb SDN 101775 Sampali Kab. Deli Serdangyang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian yang dilakukan adala penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti melakukan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat tes awal dari 26 siswa di peroleh tingkat ketuntasan sebanyak 3 siswa (11,53%) dan sebanyak 23 siswa (88,46%) belum tuntas dengan nilai rata-rata klsasikal 43. Pada siklus I sebanyak 14 siswa (53,84%) dengan nilai rata-rata klasikal 66,46, dan sebanyak 12 siswa (46,15%) belum tuntas. Pada siklus II di peroleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 23 (88,46%) dengan nilai rata-rata klasikal 80,46 dan sebanyak 3 siswa (11,53%) belum tuntas. Hasil observasi guru mengajar juga mengalami peningkatan, saat siklus I hanya pertemuan I 68,75%(cukup), pertemuan II 70,31(baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan I 84,37 serta pertemuan II menjadi 90,62%. Demikian juga hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I 67,5% serta 72,5% dan mengalami peningktan pada siklus II yaitu 82,5% dan 92,5%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 101775 Sampali Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2016/2017.