MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DI KELAS V MIS AL-HIDAYAH NAGA KISAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: Lestari, Puji
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/24287/6/01.%20COVER%20PUJI%20LESTARI%20%28%20NIM.%201131111030%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24287/7/02.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20PUJI%20LESTARI%20%28%20NIM.%201131111030%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24287/7/03.%20ABSTRAK%20PUJI%20LESTARI%20%28%20NIM.%201131111030%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24287/8/04.%20KATA%20PENGANTAR%20PUJI%20LESTARI%20%28%20NIM.%201131111030%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24287/9/05.%20DAFTAR%20ISI%20PUJI%20LESTARI%20%28%20NIM.%201131111030%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24287/1/06.%20DAFTAR%20TABEL%20PUJI%20LESTARI%20%28%20NIM.%201131111030%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24287/1/07.%20DAFTAR%20GAMBAR%20PUJI%20LESTARI%20%28%20NIM.%201131111030%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24287/4/08.%20DAFTAR%20LAMPIRAN%20PUJI%20LESTARI%20%28%20NIM.%201131111030%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24287/5/09.%20BAB%20I%20PUJI%20LESTARI%20%28%20NIM.%201131111030%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24287/2/13.%20BAB%20V%20PUJI%20LESTARI%20%28%20NIM.%201131111030%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24287/3/14.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20PUJI%20LESTARI%20%28%20NIM.%201131111030%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24287/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dalam materi mengubah pecahan dan desimal menjadi bentuk persen di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menggunakan media pembelajaran flashcard di kelas V MIS Al-Hidayah Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 32 orang siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan yang berasal dari kelas V pada tahun ajaran 2016/2017. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi guru. Berdasarkan pre test yang dilakukan dari 32 orang siswa hanya 4 orang siswa yang mendapatkan nilai tuntas dengan persentase 12,50%, dan 28 orang siswa yang mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 87,50% nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar 27,81. Pada siklus I dengan menggunakan media pembelajaran flashcard, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 18 orang siswa dengan persentase 56,25% dan 14 orang siswa mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 43,75% nilai rata-rata klasikal sebesar 63,44. Dari perolehan Siklus I bahwa hasil belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan, sehingga perlu perbaikan dan pengembangan pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II dengan menggunakan media pembelajaran flashcard, hasil belajar siswa secara signifikan mengalami peningkatan dari yang sebelumnya, terdapat 29 orang siswa yang mendapat nilai tuntas dengan persentase 90,63% dan 3 orang siswa yang mendapat nilai tidak tuntas dengan persentase 9,37% nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar 77,03. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran flashcard dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada materi mengubah bentuk pecahan dan desimal menjadi bentuk persen di kelas V MIS Al-Hidayah Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai T.A 2016/2017.