Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok gaya dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan tindakan kelas ini adalah seluruh anak kelas IV SD Negeri 101767 Tembung yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan model index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi pokok gaya. Berdasarkan analisis yang dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada tes awal diperoleh sebanyak 4 orang siswa (16,67%) yang tuntas dan 20 Orang siswa (83,33%) yang belum tuntas. setelah dilakukan silklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar yaitu 15 orang (62,5%) yang tuntas dan 9 orang (37,5) yang belum tuntas. Pada siklus II ketuntasan belajar meningkat sebesar 22 orang siswa (91,7%) yang tuntas dan 2 orang siswa (8,3%) yang belum tuntas. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, pada observasi kegiatan siswa siklus I nilai yang diperoleh adalah pada pertemuan I dengan nilai 57,5 (Cukup), dan pertemuan ke II dengan nilai 65 (cukup). Sedangkan pada siklus II observasi kegiatan siswa nilai yang diperoleh adalah pada pertemuan I dengan nilai 75 (baik), dan pertemuan ke II dengan nilai 92,5(sangat baik). Pada observasi ini kegiatan guru yang telah dilaksanakan pada siklus I nilai yang diperoleh adalah pertemuan I dengan nilai 50 (cukup) dan pertemuan II dengan nilai 71 (baik). Sedangkan pada siklus II hasil observasi kegiatan guru diperoleh nilai adalah pada pertemuan I dengan nilai 75 (baik) dan pertemuan II dengan nilai 98 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa meningkatnya hasil belajar siswa dengan menggunakan model Index Card Match pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung. Oleh karena itu, model pembelajaran index card match dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.