Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi seberapa besar peningkatan hasil belajar passing atas bola voli siswa dengan metode scientific dengan audio visual yang didapat siswa kelas XI SMA Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2016/2017. Lokasi Penelitiandi SMA Negeri 2 Binjai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah 25 orang dimana perempuan 12 orang dan laki-laki 13 orang Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti memberikan pre-test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran passing bawah bola voli. Dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus I dan post-test siklus I, pada pelaksanaan siklus I nilai rata-rata siswa telah meningkat dari hasil pre-test. Namun pada pembelajaran siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Maka kegiatan pembelajaran dilanjutkan pada siklus II dan di akhiri pemberian post-test siklus II dengan instrument penelitian lembar pengamatan test hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan lembar portofolio. Kegiatan pada siklus II mengalami peningkatan yang lebih baik dari siklus I. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan dari 25 siswa terdapat 7 orang siswa ( 28%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 60,64. Hasil dari siklus I Terdapat 12 siswa ( 48%) dari 25 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 69,33. Disiklus II terdapat 20 siswa ( 80 % ) dari 25 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata –rata 79,96. Jadi, kenaikan nilai rata-rata klasikal siklus I dan siklus II adalah 10,63. Berdasarkan dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran pendekatan scientific dengan audio visual dapat meningkatkan hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli pada siswa SMA Negeri 2 Binjai.